Cara Transfer Domain ke Cloudflare Registrar

by Rizki Aryanto -

Cara Transfer Domain ke Cloudflare Registrar

Beberapa waktu lalu, saya telah melakukan proses transfer domain rizkiaryanto.com dari registrar lama yaitu Domainesia ke Cloudflare Registrar.

Sebelumnya, apakah kamu tau apakah itu transfer domain?

Transfer domain merupakan suatu proses dimana memindahkan domain dari pihak registrar (penyedia layanan domain) lama ke registrar baru.

Nah.. Sesuai judul tutorial, kita akan membahas cara melakukan transfer domain ke Cloudflare Registrar.

Sebelum itu saya akan sedikit bercerita, kenapa melakukan transfer domain ke Cloudflare Registrar.

Pada waktu itu domain saya ini yaitu rizkiaryanto.com yang telah terdaftar di registrar Domainesia dalam beberapa minggu kedepan akan expired dan harus bersiap siap untuk diperpanjang.

Akan tetapi beberapa hari kemudian, saya berubah pikiran dan berencana untuk memindahkan atau mentransfer domain saya dari Domainesia ke Cloudflare Registrar.

Proses transfer domain ini saya lakukan bukan karena pihak registrar lama yaitu Domainesia pelayanannya kurang baik atau bagus, Tapi ini saya lakukan karena sebelumnya DNS Hosting yang saya pakai berada di Cloudflare dan kebetulan saya ingin menggabungkannya sama domain ke Cloudflare Registrar agar satu layanan dan tidak ribet.

Selain alasan tersebut, yang menjadi pertimbangan saya untuk melakukan transfer ke Cloudflare Registrar yaitu WHOIS Protection atau ID Protection yang digunakan untuk melindungi domain dan DNSSEC nya gratis.

Bila kamu tertarik ingin mencoba untuk melakukan transfer domain ke Cloudflare Registrar, sebelum itu lihat beberapa syarat & ketentuan untuk transfer domain.

Syarat & Ketentuan untuk Transfer Domain

Ada beberapa syarat & ketentuan yang berlaku sebelum kamu melakukan proses transfer atau pemindahan domain dari registrar lama ke registrar baru, diantaranya:

  1. Memastikan pihak registrar baru mendukung domain yang akan ditransfer. Dalam hal ini kita akan melakukan transfer ke Cloudflare Registrar yang telah support domain TLD termasuk .com, .net, .org, serta ratusan lainnya. Silahkan lihat daftar lengkap domain TLD yang didukung disini.
  2. Umur atau masa aktif domain minimal 60 hari dari tanggal registrasi atau tanggal transfer.
  3. Domain tidak dalam keadaan expired atau kedaluwarsa.
  4. Domain yang akan ditransfer tidak boleh dalam keadaan lock atau terkunci.
  5. Email pemilik domain harus dalam keadaan aktif. Email ini merupakan alamat email yang dulu digunakan pada saat mendaftar domain. Kamu dapat mengecek alamat emailnya di WHOIS Contact Info.
  6. Pemilik domain harus memiliki Kode EPP. Bagi kamu yang ingin tau, kode EPP itu semacam kode pengamanan untuk melakukan transfer domain.

Persiapan untuk Transfer Domain

Selain beberapa syarat & ketentuan, ada juga hal hal yang perlu dipersiapkan, diantaranya:

  1. Pastikan domain kamu harus dalam keadaan UNLOCK (tidak dikunci). Kamu dapat melakukan pengecekan di client area registrar lama. Pastikan pada halaman kelola domain tepat di Registrar Lock statusnya telah DISABLE (tidak aktif).
  2. Pastikan bagi kamu yang memiliki WHOIS Protection atau ID Protection, harus dalam keadaan DISABLE (dimatikan).
  3. Pastikan juga kamu telah melakukan request kode EPP dan mengetahui Kode EPP tersebut untuk transfer domain.

Mulai Transfer Domain ke Cloudflare

Setelah kamu telah mengetahui syarat & ketentuan serta melakukan persiapannya, adapun langkah cara melakukan transfer domain ke Cloudflare Registrar, yaitu:

Pertama, masuk ke dashboard akun Cloudflare kamu dan pilih domain mana yang akan ditransfer.

Jika kamu pengguna baru, silahkan lakukan pendaftaran dulu dan kemudian menambahkan domain. Untuk detail langkah langkah nya silahkan klik disini.

Memilih domain
Memilih domain

Kemudian pada sidebar kanan Domain Registration, klik Transfer to Cloudflare.

Transfer ke Cloudflare
Transfer ke Cloudflare

Sebelum melakukan transfer domain, silahkan kamu harus menambahkan metode pembayaran dimenu Billing. Untuk tutorial bagaimana cara menambahkan nya silahkan klik disini.

Jika sudah, pilih domain yang akan di transfer ke Cloudflare, kemudian klik Confirm Domain.

Memilih domain untuk transfer
Memilih domain untuk transfer

Masukan kode EPP domain dari registrar lama, setelah itu klik Confirm Authorization Codes.

Intruksi untuk transfer
Intruksi untuk transfer

Masukan informasi kontak WHOIS, seperti Nama, Nama Organisasi, Alamat lengkap, Nomer Telepon/Ponsel, Alamat Email. Jika sudah lanjut klik Confirm and Finalize Transfer.

Konfirmasi kontak
Konfirmasi kontak

Sampai disini kamu telah berhasil melakukan proses pembayaran dan tunggu sampai kamu mendapatkan email berupa persetujuan untuk proses pemindahan domain.

Transfer telah berhasil
Transfer telah berhasil

Masuk ke inbox email kamu, cari email yang berupa persetujuan untuk proses pemindahan domain.

Periksa email permintaan untuk transfer
Periksa email permintaan untuk transfer

Kemudian klik link yang menyatakan untuk proses pemindahan domain, selanjutnya klik Approve Transfer.

Menerima permintaan untuk transfer dari email registrar
Menerima permintaan untuk transfer dari email registrar
Menerima transfer domain
Menerima transfer domain

Untuk mengecek bahwa proses transfer domain telah berhasil atau tidak.

kamu bisa kembali lagi ke dashboard akun Cloudflare, masuk ke domain yang kamu pilih transfer tersebut. Pada sidebar kanan Domain Registration tunggu status Approval Pending sampai menghilang dan Registrar: Unknown berubah menjadi Registrar: Cloudflare.

Lama waktu untuk menunggu persetujuan dari pihak registrar lama mengenai proses transfer domain, biasanya akan selesai dalam 5-7 hari.

Menunggu sampai berhasil ditransfer
Menunggu sampai berhasil ditransfer

Sampai disitu tutorial kali ini, tentang Cara Transfer Domain ke Cloudflare Registrar. Jika ada perbedaan dari layanan registrar lama, silahkan kamu bisa menghubungi CS masing masing layanan terkait.

Catatan: Sayangnya untuk saat ini, jika ingin melakukan pendaftaran domain baru di Cloudflare Registrar sepertinya belum bisa.

Referensi

Categories